|
Menu Close Menu

Guna Tingkatkan Fisik Prajurit, Denma Brigif 20 Gelar Tes Garjas

Kamis, 25 April 2019 | 18.18 WIB

NEWSPOST.ID TIMIKA - Dalam rangka mengukur kemampuan jasmani serta meningkatkan kemampuan fisik parjurit, Denma Brigif 20/3 Gelar tes kesegaran jasmani (Garjas) Periodik  I TA 2019 di Lapangan Mako Brigif 20 Kostrad, Rabu (24/04/19).

Tes kesegaran jasmani ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun dan wajib diikuti oleh seluruh Prajurit, baik Perwira,Bintara maupun Tamtama.

Kegiatan ini diawali dengan pengecekan tensi oleh kesehatan Brigif 20 Kostrad, hal itu bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan Prajurit. Bagi prajurit yang memiliki hipertensi atau masalah kesehatan lainnya, maka tidak diijinkan untuk mengikuti tes. Selanjutnya dilakukan pengecekan tinggi dan berat badan, yang dilanjutkan dengan peregangan serta pemanasan oleh Bintara Jasmani (Bajas).
Adapun materi kesegaran jasmani meliputi Garjas A yaitu lari selama 12 menit, Garjas B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run, serta Garjas C renang dasar militer jarak 50 Meter.

Wakil Komandan Detasemen Markas Brigif 20 Kapten Inf Yoga Firmansyah mengatakan, kegiatan tes kesegaran jasmani ini merupakan kewajiban bagi setiap prajurit . Kegiatan ini merupakan program TNI AD yang harus dilaksanakan setiap enam bulan sekali, untuk mengukur kemampuan jasmani dan kondisi kesehatan sekaligus sebagai sarana evaluasi dalam pembinaan fisik para prajurit yang telah dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis.
Dalam melaksanakan kegiatan tes kesegaran jasmani ini masing-masing perorangan harus tetap menjaga faktor keamanan dan dilaksanakan dengan maksimal sesuai kondisi fisik serta kemampuannya. Diharapkan para prajurit dapat memperoleh nilai baik sesuai standarisasi nilai tes kesegaran jasmani yang ditetapkan.
Bagikan:

Komentar